Diposting Pada: Senin, 00 00 0000
KUA Kecamatan Sekernan Siap Jadi Pelopor SIMKAH di Provinsi Jambi


KUA Kecamatan Sekernan Siap Jadi Pelopor SIMKAH di Provinsi JambiMuaro Jambi (KUA Sekernan) -Sistem informasi manjemen nikah SIMKAH lebih dahulu lahir pada tahun 2006 dan mengalami pengembangan dari tahun ketahun dimana pilot project saat itu dioperasikan pada sebelas Kantor Urusan Agama di jakarta. Hingga saat ini kurang lebih 2.000 KUA sudah menggunakan fasilitas ini, dan ditargetkan seluruh KUA sebanyak 5.382 sudah mengoperasikan SIMKAH pada tahun 2017.



Pada dasarnya semua Kantor Urusan Agama Kecamatan di Provinsi Jambi sudah mendamba-dambakan penerapan aplikasi Simkah. Barangkali saat ini baru dipersiapkan semua link yang berhubungan dengan simkah tersebut. link untuk

simkah harus ada di KUA, Kemenag, dan Kanwil Kemenag, karena dari link tersebut Simkah bisa diterapkan, yang langsung berhubungan dengan Kementerian Agama pusat.



Tanpa penerapan Aplikasi Simkah, Sulit bagi KUA yang ada di Provinsi Jambi bisa bersaing dengan KUA di daerah lain, karena di daerah lain khususnya di pulau Jawa dan sebagian daerah di Sumatra mulai menerapkan aplikasi Simkah, dengan simkah pendaftaran nikah bisa dilaksanakan secara online. dengan simkah urusan lebih mudah, dengan simkah lebih terasa kita hidup



Penerapan Simkah adalah sebagai penangkis Isu gratifikasi di lingkungan KUA yang kadang menjadi momok tahunan, hal inilah kemudian KUA dituntut untuk migrasi pelayanan berbasis sistem informasi. Pada tahun depan Bimas Islam mengusulkan tambahan anggaran untuk memberikan kontribusi kepada penghulu sebagai upaya preventif terjadinya gratifikasi. Pola penganggaran membagi empat tipologi KUA (A, B, C, D) yang digolongkan berdasarkan jumlah peristiwa nikah dan medan/jarak wilayah KUA menuju lokasi akad nikah dilangsungkan. Sehingga kedepan penghulu akan mendapatkan tambahan honor dari transportasi sebesar Rp.110 ribu dan jasa profesi sedikitnya Rp.250 ribu per-peristiwa yang ditanggung oleh pemerintah. Jika usulan ini diterima, tidak ada alasan lagi penghulu menerima tambahan dari luar. (Tfk)

 


82x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 52.23.219.12
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved