Diposting Pada: Senin, 00 00 0000
Upacara Peringatan HARDIKNAS Tahun 2013 di MAN Cendikia Jambi Berlangsung Khidmat


Upacara Peringatan HARDIKNAS Tahun 2013 di MAN Cendikia Jambi Berlangsung Khidmat Muaro Jambi (MAN Cendikia Jambi)-Pagi ini Kamis (02/05)MAN Cendikia Jambi melaksanakan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipusatkan di Lapangan Upacara MAN Cendikia Jambi. Upacara tersebut di ikuti oleh seluruh civitas akademika MAN Cendikia Jambi mulai Kepala Madrasah, Wakil Kepala, Kaur TU, Majelis Guru, Karyawan dan seluruh siswa-siswi MAN Cendikia Jambi.



Bertindak selaku pembina upacara Sultanuddin, S.Pd selaku Waka peningkatan mutu. Dalam amanatnya beliau menyampaikan makna mendidik, kini sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian pendidik masa kini. Hal itu dibuktikan adanya sebagian tenaga pendidik yang hanya menjalankan tugasnya untuk menghabiskan bahan ajar sesuai waktu yang ditentukan dalam RPP mereka (baca: Rencana Pokok Pengajaran).



Ada sebagian guru/dosen yang hanya memberikan materi tanpa melakukan proses “pendidikan”. Ada ungkapan bahwa, Mendidik Bukan sekedar Mengajar, hal ini hendaknya perlu untuk dimaknai. Bahwa kegiatan yang namanya mendidik, bukanlah hanya sekedar mengajar dan menyampaikan materi, namun ada pesan moral yang harus senantiasa disipkan dalam setiap proses pembelajaran. Seperti halnya pembelajaran kelompok, pesan moral dalam kerja kelompok adalah, siswa dididik untuk dapat bekerja bergotong royong, saling membantu satu sama lain, dan mampu memiliki jiwa kebersamaan. Terkadang hal tersebut kurang dimaknai oleh sebagian tenaga pendidik kita.



Adanya fenomena tersebut, pemerintah telah berupaya dengan memberikan kebijakan-kebijakan yang akan mengarahkan tenaga pendidik untuk menjadi insan pembaharu, pembentuk generasi bangsa. Dengan sistim pendidikan yang ada, pemerintah mencoba untuk semakin meningkatkan mutu pendidikan di negara kita tercinta ini. Berbagai kebijakan tentang pendidikan, dan tenaga kependidikan telah banyak dilahirkan oleh jajaran pemerintahan.



Kesadaran masing-masing individu tenaga pendidik memang harus dibangun perlahan-lahan demi kemajuan pendidikan bersama. Mereka akan dihargai oleh murid-murid mereka jika mereka dapat menjadikan diri mereka sebagai tauladan bagi anak didik mereka. Guru atau Dosen yang layak ditauladani akan lebih dihormati oleh anak didik mereka.



Makna hari pendidikan bagi kita, adalah hari sebagai titik balik semangat memajukan pemikiran bangsa terhadap berbagai terpaan kemajuan teknologi yang akan semakin menggeser khasanah budaya, jika kita terlambat untuk memberikan pendidikan yang tepat kepada generasi bangsa kita.



Masih sempatkah kita memikirkan bahwa apa yang kita ajarkan, apa yang kita lakukan, akan berimbas pada nasib bangsa kelak? Sebagai Pendidik kita tidak hanya bertanggung jawab kepada kepala sekolah, atau rektor, namun sebagai pendidik kita juga bertanggung jawab kepada Allah sebagai pembentuk moral generasi manusia.

Kita berharap, hal ini dapat menjadi renungan bagi kita bersama untuk kebahagian di dunia dan di akhirat.(SFR)

 


70x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 52.23.219.12
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved